Perbandingan Pengalaman di Indonesia vs di Jerman


Hal-hal Baru Lucu yang Aku Alami di Jerman dan di Indonesia
  
Sendawa
Di Jerman, sendawa ketika makan termasuk hal yang gak sopan, tapi tergantung kita kumpul bersama siapa dulu, kalau hanya bersama teman-teman dekat, apalagi sering gila-gilaan bersama, itu memang gak masalah. Di Indonesia terkadang kalau belum terdengar sendawa belum dibilang kenyang, kata pengalaman salah seorang teman. Memang di keluargaku sendawa itu gak dilarang dan hal yang biasa saja. Dalam hati bertanya, jadi orang Jerman selalu menahan sendawa berarti ya? kebayang mereka kan kalau minum air putih biasanya selalu bersoda, dan cepat banget bikin sendawa sebenarnya. Lol aku juga ikut-ikutan nahan, untungnya aku gak suka minuman bersoda. 

Buang Ingus
Hal ini yang selalu aku lupa. Jujur aku sudah ketularan orang Jerman, yaitu membuang ingus ketika berada di meja makan. Bukan duduk sendiri di meja makan dan buang ingus, tapi memang buang ingus ketika sedang makan, baik itu acara formal maupun informal. Hal ini memang dianggap biasa di sana. Dengan membengkokan badan ke belakang, lalu 1 2 3 …. Gitu deh pokoknya bunyinya. Mending badan ke belakang, ada juga banyak temen orang jerman yang buang ingus masih menghadap ke meja makan, suaranya keras pula, kalau aku gak keras ya teman-teman. Haha kok jadi mendalam banget ngomonginnya. Kebayang kan, untuk orang Indonesia hal ini ngeri banget. Ketika aku pulang ke Indonesia, aku lakuin hal ini ketika makan bersama keluarga, berkali-kali. Saking lupanya ya. Reaksinya: mereka ketakutan menjauh, hampir berhenti makan. Hahah

Jalan Kaki
Ketika berjalan di Bandara Soekarno-Hatta bersama kelurga, aku sempet ngecoh sendirian, karena mereka tertinggal di belakang. Wakwaw ... Kecepatan jalanku memang bertambah setelah pulang dari Jerman. Padahal dulu ketika di Indonesia, sempat dikomentarin, „kalo jalan jangan cepet-cepet, kayak yang mau nagih hutang tau.“ Apalagi setelah pulang dari Jerman bertambah extrem. „Aku gak mau lagi jalan sama si teteh, ngos-ngosan, capek.“ Kata salah satu sodara. So, ketika di Indonesia, aku harus menyesuaikan lagi untuk jalan agak santai. Di Jerman memang hampir setiap orang berjalan cepat, itu karena kebiasaan mengejar waktu. Semuanya berjalan serba cepat, baik manusia maupun waktu. Haha, tapi di Indonesia, semuanya serba santai. Jalan santai, banyak waktu santai.

Warna Kulit
Hal ini terkadang menjadi tema. Kenapa? Secara warna kulit ideal atau kecantikan ideal bagi kedua negara tersebut berbeda banget. Di Jerman mempunyai kulit warna coklat bahkan warna gelap adalah suatu impian bagi mereka. Mereka gak suka kulit putih, karena menurut mereka kulit putih itu pucat dan terlihat gak sehat. Untuk mendapatkan kulit coklat, kadang mereka berjemur di taman, di pantai, bahkan di balkon apartemen mereka, tapi apa yang mereka dapatkan? Bukannya coklat tapi malah menjadi merah, karena gak semua orang Jerman bisa mendapatkan warna kulit coklat alami, ada sebagian besar dari mereka yang gak pernah bisa menjadi coklat kulitnya. Kadang-kadang banyak orang sana juga yang pergi ke tanning salon, memang hasilnya jadi coklat, tapi terlihat gak natural. Sebenarnya itu gak juga sehat, karena bisa menimbulkan kanker kulit. Sedangkan di Indonesia kebalikanya. Selalu kebanyakan orang-orang di sana memimpikan kulit putih. Sampai banyak produk pemutih di pasaran. Di Jerman kebalikannya, di sana banyak produk untuk mencoklatkan kulit.
„Ta, kalau km balik ke Indonesia lagi, bawa produk pemutih dong.“ kata si tante.
„Pemutih dari mana???? Di Jerman yang ada juga produk buat coklatin kulit.“ Aku ngekek deh jadinya.
Ada pengalaman lucu lagi ketika di Indonesia.
Gara-gara Musim dingin di Jerman kulitku menjadi terang secara alami, karena jarang terkena sinar matahari dan juga cuaca yang sering dingin juga. Setiap kali pulang ke Indonesia pasti hampir setiap kerabat atau keluarga komentar tentang hal ini. Nah, makanya mereka tahunya kalau kulitku itu untuk mereka terbilang putih. Tapi pas tahun kemaren memang aku banyak banget berpetualang di Indonesia, udah kayak si bolang, ke gunung, pantai, sawah, entahlah intinya suka panas-panasan. Ngunjungi pulau-pulau lain. Pas pulang lagi ke kampung halaman, reaksi mereka:

„Kok, km jadi item banget? Ngapain aja sih?“

„Loh, pangling banget, kok jadi item sih?“

„Ini beneran kok bisa item gini?“

Biasanya aku jawab, orang Jerman suka yang item kok. Haha

Terus ketika ngunjungin salah satu guru SD, kebetulan saat itu ada informasi yang ingin ditanyakan. Pas pertama kali ketemu lagi:

„Masih inget gak Pak?“ tanyaku. Si Bapa kaya keheranan liat aku.
„Loh kok neng jadi item gini, dulu kan putih ya.“
„Ini sama yang di Jerman kan?“ tanyanya.

Guru aja sampe ngomentarin begitu ya. Waduh. Haha emang deh kelihatanya warna kulit itu penting banget. Kadang-kadang aku cerita ke keluarga di Indonesia, kalau orang Jerman itu suka sama kulit coklat, bahkan gelap. Tapi keluarga gak percaya. Haha ... 

Sebaliknya pengalaman di Jerman:

„Aku ngerasa jelek kalau foto di pinggir km.“ kata seorang teman Jerman.

„Jelek gimana? Km cantik gini, kok jelek.“

„Km yang cantik, kulit km bagus, aku kelihatan pucat.“ 


Menurut aku terserah warna kulit apapun yang dimiliki orang, itu tetap membuat mereka jadi istimewa. Karena kecantikan seseorang juga gak hanya dilihat dari luarnya saja. Aku sendiri gak pernah mempermasalahkan warna kulit dan gak pernah membedakan orang karena warna kulitnya. Aku suka semua warna kulit dan puas dengan apa yang dimiliki. Kecuali keinginan untuk menajdi gendut yang gak pernah bisa tercapai. Lol dan jujur selama di Indonesia aku gak pernah pakai produk pemutih, apalagi di Jerman. Aku dulu memang gak perhatiin masalah kecantikan.


Make up
spring fresh make-up utk jalan2
Gak tau kenapa kalau pakai make-up, pasti terlihat seger dan serasa udah mandi lol, padahal sih kenyataannya keseringan blm mandi biarpun wajah udah dandan cantik. Fakta tentang make up di Jerman: sebagian besar cowok maupun cewek Jerman suka cewek dengan look natural. Tapi bukan berarti mereka gak suka kalau kita pakai make up. Mereka malah ngasih kompliment kok!!! Tanpa maupun pake make-up selalu dipuji. Kebalikannya, sebagian besar orang di Indonesia menyukai cewek bermaku-up. Apalagi saat ini make-up sedang jadi trend. 





Mandi
Akhirnya bahas tema mandi juga. Ini yang paling ditunggu-tunggu. Sebelum ke Jerman, aku sempat denger kalau orang Jerman jarang mandi. Hah masa iya sih? Sambil ragu bertanya-tanya sendiri. Yang lebih parah lagi, setelah mengalaminya sendiri di Jerman. Kadang2 aku suka bertanya pada diri sendiri. Kapan ya aku mandi terakhir? Haha ... Sampe gak inget kapan terakhir mandi. Tapi temen-temen, bukan berarti kita gak sikat gigi atau gak cuci bagian bawah lol. Sikat gigi, cuci wajah dan cuci bagian tubuh tertentu tetep wajib ya. Itu juga yg dilakukan orang Jerman biarpun mereka gak mandi selama 2/3 hari. Sedangkan cuaca di Jerman juga mendukung untuk jarang mandi. Jadi yahh... udah biasa gak mandi tiap hari. Tapi kalau musim panas mereka rajin mandi kok. Selama liburan di Indonesia, pastinya pertanyaan yang sering keluar: "udah mandi belum?" Secara di Indonesia orang kebanyakan mandi 2x sehari, bahlan ada yang 3x. Hahaha

Roti khas Jerman, dipanggil Brot
Makanan Pokok
Orang Jerman tanpa nasi bisa bertahan hidup. Gimana dengan Indonesia ya? Makanan pokok di Jerman kentang. Jadi kentang itu di Jerman gak termasuk ke dalam sayur-sayuran. Intinya kentang itu di sini seperti nasinya orang Indonesia. Tapi mereka juga gak makan kentang tiap hari kok, yang dimakan mereka rutin tiap hari malah roti khas Jerman, selebihnya terserah. Untungnya masalah makanan aku bisa beradaptasi dengan cepat. Sekarangpun gak makan nasi 2 bulan gak menjadi masalah buatku. Ada roti Jerman yang beraneka ragam, pasta, kentang, couscous, dll. Sebaliknya di Indonesia, nasi itu sumber energi yang paling diandalkan untuk menjalankan keseharian. Jadi kalau ke Indonesia biasanya selalu ketemu dengan fenomena seperti ini:
„Udah makan belum? makan dulu sana yang banyak!“
„Kan aku udah makan mie ayam, ketoprak, bakso, ngemil ini itu ...“
„Tapi kan belum makan nasi, gak kenyang itu.“
Fuihh… hahaha. Memang benar di Indonesia, selalu dibilang kalau belum makan nasi itu, artinya belum makan yang afdol. Kalau aku cerita tentang hal ini sama orang Jerman, mereka pada ngakak sendiri. 
roti Jerman jenis lain, disebut Brötchen


Sampah
Kebiasan yang dilakuin di Jerman, menjadi otomatis aku lakuin di Indonesia juga. Contohnya bawa sampah di tangan terus-terusan ketika jalan-jalan, atau ngantongin sampah di saku, karena gak nemu-nemu tong sampah. Secara tong sampah pasti jarang banget ditemuin di Indonesia. Kalau di Jerman jangan ditanya, setiap beberapa meter pasti ada tong sampah. Keluarga atau kerabat selalu bertanya: „Kamu ngapain kok bawa sampah terus?“ tapi akhirnya kebiasan ini ditiru juga oleh mereka. Senang jadinya. Peduli lingkungan!

Warna Baju
orang2 di belakang, pakai hitam2
Sebagian besar orang Jerman suka memakai warna tua atau memakai satu warna tanpa banyak campuran. Jadi keliatan monoton. Sebaliknya di Indonesia suka dengan warna cerah dan mengombinasikan banyak warna. Jadi kalau lihat kerumunan orang-orang di Jerman, terlihat seperti  mereka mengenakan pakaian yang sama, terutama ketika musim dingin, kebanyakan warna jaket mereka selalu hitam. Tapi gak semua orang Jerman seperti ya, hanya sebagian besar. Dan kalau musim semi atau panas, mereka juga memakai warna baju yang ceria kadang-kadang. Kebetulan aku sendiri suka dengan warna tua, seperti coklat tua, biru tua, abu-abu, yang serba tua pokoknya.

Pakaian
Di Jerman setiap musim ganti style. Di Jerman gak bisa pakai t-shirt atau kemeja sepanjang tahun atau pakai sendal kemana-mana. Sayang banget! Padahal kalau musimnya selalu tetap kan bisa praktis, gak usah mikir pake jaket, kalau musim dingin harus pake sarung tangan, sepatu bot, ini itu. Ribet! Tapi akhirnya belajar berstyle itu ketika di Jerman. Kalau hal ini di Indonesia lebih praktis banget.



Waktu
Hidup di negara maju seperti Jerman, mempunyai waktu luang memang sangat luxus. Karena kegiatan setiap hari selalu penuh. Setiap detik berharga. Sedangkan di Indonesia kadang-kadang masih bisa mengulur-ngulur waktu. Tapi memang ngerasanya waktu berjalan lama banget ketika aku di Indonesia. Mungkin karena gak terlalu banyak kegiatan, jadi malah aku di Indonesia kadang-kadang suka nunggu datangnya malam. Haha... Dan di Indonesia juga, karena selalu ada keluarga yang menjamin makan, bantu ini itu. Kan emang di Indonesia biasanya anak muda suka nongkrong ngabisin waktu bareng atau ibu-ibu juga suka kumpul sore hari sama tetangga. Di Jerman gak akan mungkin bisa seperti ini. Kecuali direncanain jauh-jauh hari. Biarpun tinggal sama temen-temen satu kota, bahkan satu apartemen, kitapun jarang saling bertemu. Karena kesibukan dan juga waktu libur yang berbeda. Makannya orang orang Jerman sangat menghargai waktu, dengan datang tepat waktu ke segala acara apapun, baik formal maupun informal. Kalau di Indonesia sudah terbiasa dengan jam karet, biarpun gak semua orang Indonesia seperti ya. Tapi sebagian besar!

Kendaraan Umum
kereta cepat dalam kota (Schnell Bahn, disingkat S-Bahn)
Hidup di Jerman penuh dengan lari, yaitu lari mengejar kendaraan umum, bukan lari mengejar mimpi. Semuanya terjadwal, teratur dan disiplin. Kendaraan umum di Jerman berjalan efektif dan datang dan pergi tepat waktu. Kalau kita gak tepat waktu, kita akan selalu tertinggal. Karena kendaraan umum di Jerman milik negara disediakan untuk melayani masyarakat umum dan bukan milik pribadi. Jadi di sini orang punya tiket transportasi bulanan atau mahasiswa biasanya tiket berlaku per semester. Sebaliknya di Indonesia, kita yang dikejar-kejar kenek bis, iya gak sih? So kendaraan umum di Indonesia kan selalu mencari penumpnag dulu biasanya, kalau penuh baru berangkat. Ini juga sih yang bikin dongkol dan memakan banyak waktu juga jika ingin jalan-jalan di Indonesia dengan bis umum, terutama yang jarak jauh. Mungkin solusi di Indonesia bisa naik kereta, karena kereta lebih on time dibandingkan bis. Di Jerman semuanya serba cepat dan praktis. Semoga Indonesia kapan-kapan bisa seperti ini. Berharap …
Dan pengalaman pertama kalinya setelah 4 tahun Jerman, lalu pulang ke Indonesia lagi, nah aku naik angkutan umum antar daerah, biasanya disebut elp. Astaga, kayak yang mau dibawa mati, ngebut dan nyalip terus elpnya. Saat itu aku pergi bareng teman, dia hanya ketawa liat aku teriakin pak supir berkali-kali untuk mengurangi kecepatan. Gak disangka negara Jerman udah ngebikin aku segini terbiasanya dengan segala sesuatu yang aman.

Oh ya, kalau temen-temen penasaran sama hal-hal lainnya, bisa komentar! Dan aku coba jawab atau tulis di blog lagi ;)
Maaf, kali ini gak terlalu banyak gambar. Tapi lain kali pasti!

Salam Rita
FB: Rita Kusuma Dewi
IG: larita_26



suasana dalam kereta cepat (S-Bahn Hamburg)
 
Menunggu bis di salah satu halte bis Hamburg, ketika bersalju





Comments

Popular posts from this blog

Sambal Goreng Tempe

Weekly Market

A Letter to Widji Thukul