Fashion Vintage dari Film Bollywood tahun 90an yang bikin Terkagum-kagum



Aku, di area candi Borobudur, 2017
Secara untuk aku yang tumbuh di era 90an, gak nyangka kalau fashion tahun 90an akan jadi salah satu trend di jaman sekarang. Tapi aku ingat suatu hari Mamah pernah bilang kalau dunia mode akan kembali berputar, maksudnya kalau mode ada kaitannya dengan tahun-tahun sebelumnya dan tanpa mode sebelumnya gak akan terciptakan mode seperti sekarang ini. Mode 90an menjadi salah satu trend saat ini di pasaran, di samping mode tahun 70/80an.

Bisa dikenali hampir di setiap toko baju, fashionnya bertemakan dari 70-90an, bahkan unsur fashion 50/60an juga ada. Mungkin banyak juga fashion blogger yang memperkenalkan gaya-gaya vintage tersebut. Di blog sebelumnya aku pernah bahas tentang fashion vintage dan retro. Tentunya fashion atau mode dari beberapa toko baju modern tergolong retro kan, gaya jadul tapi material modern. Sedangkan fashion yang terdapat di toko secondhand disebut vintage yang sebenarnya, karena produknya gak diproduksi jaman sekarang.


Nenekku pernah berkata: “Kok, kamu yang masih muda suka pakaian jadul, Nenek aja sukanya yang modern.” Ujarnya sambal tertawa. Sedangkan Nenekku yang satu lagi, ia masih memakai kebaya dalam kesehariannya, aku bener-bener bangga banget jadi cucunya, kalau dia masih mempertahankan unsur budaya tradisional. Aku sendiri semakin lama semakin gila dengan segala sesuatu yang jadul, bukan hanya tentang fashionnya saja. Mungkin segala sesuatu yang jadul itu di mataku selalu terlihat indah. 
Preettt.... 

Kalau menulis tentang fashion pasti aku bersemangat, maklum temen-temen emang aku salah ambil jurusan kuliah. Setiap kali melihat suatu outfit, pasti otomatis kepalaku langsung mendefinisikan dan menilainya. Haha … sebenernya dalam blog kali ini aku pengen sedikit menyinggung tentang fashion vintage yang ditampilkan dalam film Bollywood 90an. Maklum dulu ketika masih anak-anak suka sekali dengarin lagu-lagu Bollywood sampai-sampai liriknya pun masih hafal sampai saat ini, waw kann? Saking apanya tuh?
Dan Baru sadar ketika aku kembali lihat lagi lagu-lagu Bollywood lagi, kalau fashion-fashion di film Bollywood tahun 90an itu ternyata fashionnya begitu modis dan stylish banget! Sambil nostalgian, tercengang positif melihat beberapa outfit vintage dengan kombinasi yang benar-benar menarik dan begitu pas. Pokoknya top! Aku akan tampilkan beberapa gambar yang aku temui yang menurut aku stylenya waw. Juga akan diberikan keterangan pada setiap gambarnya. Siapa tahu munkgin bisa menjadi inspirasi kalian J

1

Gambar 1: Shah Rukh Khan & Juhi Chawla
Style Juhi di sini bisa dibilang perfek, semua perpaduan begitu pas. Pasti dalam sekejap semua mata terarah pada style ini, jika dipakai di jaman sekarang. Selain itu sepatu boot memberikan efek langsing pada badan dan kaki, karena ukuran boots yang besar. Satu lagi baju atasan netz perfek dipakai buat kalian yang pengen kelihatan kurus. Jeans yang dipakai Shah Rukh Khan dan kemeja merah membuat kontras yang menyala, outfit ini bisa membuat banyak perhatian orang. Model celana dan kemeja mencirikan style 90an.








2

Gambar 2: Kajol & Shah Rukh Khan
Perpaduan style Kajol begitu modish dan cocok sekali dengan postur tubuhnya. Rok dan sabuk besar membuat badan terlihat kecil. Perpaduan warna mengingatkan pada rok tahun 50an. Selain itu warna putih dan merah juga banyak dipakai di tahun 50an, contohnya Marilyn Monroe pernah memakai perpaduan merah&putih di film “Niagara” atau Jane Russel di film “Gentlemen prefer Blondes”. Dan kedua warna ini juga warna NKRI. Haha...





3

Gambar 3: Kajol & Shah Rukh Khan
Perpaduan style mereka sangat begitu pas, terutama warnanya. Nah, di sini warna merah putih muncul lagi. Memakai t-shirt dan dress bersamaan itu juga ciri khas style tahun 90an, seperti yang dipakai Kajol di sini. Dress dan bootsnya begitu pas dan membuat modish. Pas lihat kupluk yg dipakai Shah Rukh Khan dan perpaduan style dia, aku langsung inget sama, style2 kebanyakan anak muda jaman sekarang, yang memakai kupluk seperti itu.



4
Gambar 4: Rani Mukherjee
Satu kata untuk style ini: imut! Perpaduan warna biru muda dan putih selalu pas. Dress mini dengan model kerah seperti ini, memang memiliki efek kelihatan muda. Selain itu dress ini sangat cocok banget dipadukan dengan sepatu sneakers besar, yang akan membuat efek kaki menjadi kecil, di samping itu juga perpaduan semuanya memberikan efek yang imut tetapi tetap sporty.


5

Gambar 5: Shah Rukh Khan & Juhi Chawla
Shah Rukh Khan mewakili style khas 90an! Celana kodok memang trend sekali pada tahun 90an, sekarangkan menjadi trend. Rok yang dipakai Juhi, sebenernya awal tahun 70an sudah mulai menjadi trend juga, dipakai dengan boots yang tinggi sampai lutut.

6

Gambar 6: Shah Rukh Khan & Juhi Chawla
Bisa ditebak style Juhi di sini 70an, dia memakai celana cutbray putih. Celana cutbray ciri khas tahun 70an. Mulai munci di akhir tahun 60an. Anting creolen yang dipakai Juhi membuat perbaduan menjadi semakin perfek dan terlihat modish. Celana Jeans high waist selain memberikan efek kaki panjang dan terlihat tinggi, juga efek pantat besar. Makanya aku juga suka mengenakannya. Lololol...



Gambar 7: Kajol, Rani & Shah Rukh Khan
Merupakan ciri khas style 90an. Perpaduan style meraka gak bisa diragukan lagi,  100% modish dan juga sporty! Terutama celana yang dipakai rani sekarang menjadi trend kembali di kalangan super model, biasanya mereka kombinasikan dengan jaket yang gombrong.
7


Gambar 8: Kajol & Rani
Celana joging seperti itu muncul kembali menjadi trand jaman sekarang, selain itu kita juga bisa melihat pada celana2 jeans yang jaman sekarang terlihat banyak garis2 di pinggir celananya. Dress bahan beludru yang dipakai Rani, memang saat ini juga menjadi trend, gak hanya untuk dress, melainkan sebagai atasan dan bawahan juga.
 
8



Marilyn dan Jane dengan warna merah putih:

Marilyn 


Marilyn



Marilyn



Jane&Marilyn 




Karena gambar2nya aku ambil lewat screenshoot, kadang-kadang hasilnya gak begitu jelas, jadi maafkan ya. Selain itu gak semua style yang aku temui ditampilkan, karena kualitas video yang jelek juga.
Sampai ketemu lagi di blog selanjutnya!
Salam Rita


Sumber foto:



Comments

Popular posts from this blog

Sambal Goreng Tempe

Weekly Market

A Letter to Widji Thukul