Vintage Style

Sekilas Tentang Vintage Style
vintage sweet 50s, Marilyn&Jane 
Aku mengidolakan segala sesuatu yang berasal dari jaman dulu, tapi tepatnya antara tahun 1920an sampai 90an. Orang menyebutnya vintage.  Biasanya vintage itu sesuatu yang berumur antara 20-100 tahun. Tapi sesuatu yang vintage harus sesuatu yang benar-benar berasal atau diciptakan dari tahun jadul tersebut. Misalkan ada suatu gaun jaman sekarang yang menirukan sytle tahun 60an, gak lagi disebut vintage, gaun tersebut lebih tepatnya memiliki julukan vintage inspired/vintage look/retro. So kalian sebentar lagi akan diajak untuk melihat beberapa vintage style. Tentu masih banyak jenis vintage style lainya. Aku hanya sajikan beberapa ;) 



vintage 70s, Jane Birkin
Sisi Positif Vintage
Kalian pasti langsung berpikir kalau vintage itu secondhand alias bekas. Iya memang bener 100% itu barang bekas. Tapi kalian sadar gak sih, dengan memakai baju vintage, kalian bukan hanya mempunyai ciri khas style tersendiri atau berbeda dari yang lainnya (karena barang tidak pasaran terus kualitas juga dijamin tinggi), tetapi juga kalian membuat dunia ini sedikit lebih baik. Karena dengan lebih membeli baju secondhand itu artinya produksi baju akan berkurang. Selain itu bisa menyelamatkan baju yang hampir mendarat ke tempat limbah (ehem… bukan berarti baju ini sudah gak berkualitas). Jadi kalian juga sebenarnya ikut melindungi lingkungan, karena kalian menjaga proses daur ulang. Hal tersebut sangat ramah sekali terhadap lingkungan. Waw bukan? Apalagi style jaman now yang kembali mengarah ke vintage lagi. Jadi pasti ada rasa bangga jika memakai pakaian vintage yang sebenarnya. Jadi ga usah mearasa malu. ;)

Perbandingan Vintagae Store di Jerman dan di Indonesia
Mungkin di Indonesia tidak begitu banyak vintage store atau toko secondhand, berhubung perbedaan selera ber-style.  Tapi di Yogyakarta ada suatu toko bernama Puja yang menjual pakaian secondhand dengan produk dari berbagai negara di Asia, dengan harga yang terbilang murah (tergantung jenis pakaiannya). Awalnya aku tahu dari teman kuliah Jerman. Kami di Yogyakarta kebetulan sama-sama sedang study exchange. Mereka bilang di Puja ada banyak baju yang bagus, maka dari itu aku langsung tertarik. Dan ternyata benar, di sana banyak dress vintage, yang di Jerman kalo dijual jarganya bisa hampir 1 juta, satu dress. Fuihh… untung aku udah beli di Yogyakarta sana.
Brigitte Bardot salah satu fashion iconic th 70an
Kalau gak salah di Cirebon juga ada. Dan dijual dengan harga yang bena-benar terjangkau pula. Pokoknya kalian telusuri saja, mungkin juga ada dipasarkan secara online.
Di Jerman banyak sekali vintage store, baik itu vintage mebel maupun pakaian. Jangan salah harga barang vintage di Jerman terbilang lumayan mahal. Tapi jangan khawatir, gak semuanya vintage store di Jerman mahal kok, malah banyak juga yang sesuai kantong mahasiswa. Aku juga selalu berusaha mencari style vintage ketika aku mulai menyukainya, waktu itu sekitar tahun 2012an, ketika aku pertama kalinya menemukan sosok Marilyn Monroe. Lalu kesukaanku terhadap vintage mulai bertambah. Awalnya hanya suka dengan gaya rambut tahun 40/50an, tapi akhirnya jadi merambat ke musik sampai mebel tua. 





vintage look 50s, Lana Del Rey




Nike, vintage 90s 

Vintage look 60s, Lana Del Rey 

vintage look 70s rock and roll 
So, aku ambil Lana Del Rey (penyanyi) sebagai contoh vintage look. Dia memang cocok dan perfek banget dengan look yang jadul. Terkadang dia pakai look tahun 50an, 60an, bahkan 70an juga. Sejauh ini dia adalah favorit vintage look aku. Mungkin kalian asing dengan namanya. Lana Del Rey memang sejauh ini di dunia musik Indonesia gak begitu dikenal. Lagu-lagunya bertemakan melankolis atau sad song.  Jane Birkin dan Brigitte Bardot, mereka iconic tahun 70an. Mulai akhir tahun 60an/awal tahun 70an Jeans wanita mulai muncul ke dunia fashion. 
Marilyn Monroe sebagai iconic tahun 50an, banyak juga ditirukan gayanya sampai sekarang. Bahkan artis Hollywood sekalipun banyak yang menirukannya juga. Dia juga idolaku sejak aku suka gaya rambut tahun 50an. Nah... yang lucunya setiap kali aku mengidolakan seseorang, seperti Lana dan juga Nike Ardila. Mereka juga ternyata fans berat Marilyn Monroe, tanpa aku mengetahui sebelumnya. Kesukaanku terhadap Marilyn tahun 2012. Lana Del Rey 2013, dan Nike Ardila 2014. 




Foto-foto di blog biasanya hasil karya sendiri, jadi kalau ada foto bukan milik sendiri, aku akan selalu kasih sumbernya! 

Sumber foto:

http://www.erikacarlock.com/blog/style-muse-brigitte-bardot/
http://cottoncandy-peaches.blogspot.com/2016/08/jane-birkins-cool-style-part-1.html
http://www.muvila.com/film/artikel/film-tentang-nike-ardilla-sedang-dikembangkan-160618v.html
https://www.pinterest.co.uk/pin/242068548705525686/
http://wheretoget.it/look/466338
http://weareladies.net/lana-del-rey-vintage-look-inspiration/


Comments

Popular posts from this blog

Sambal Goreng Tempe

Weekly Market

A Letter to Widji Thukul